Saturday, December 13, 2008

Teori Beda Gravitasi

Saya yakin anda sudah tahu bahwa berat badan anda atau benda akan berbeda (lebih berat) ketika berada di kutub dan lebih ringan ketika berada di daerah katulistiwa.

Teori yang pernah kita dengar adalah karena bumi diibaratkan magnet, maka kutub bumi adalah diibaratkan kutub magnet. sedangkan kutub magnet adalah paling kuat daya tariknya dibanding daerah medan magnet. Jadi gaya tarik bumi atau gravitasi di kutub lebih besar dibanding gravitasi bumi didaerah katulistiwa.

Saya tidak membantah teori diatas, tetapi saya punya teori sendiri, setidaknya saya belum pernah mendengar atau membaca teori saya dari sumber yang lain.

Mengapa berat benda lebih ringan di daerah katulistiwa ? Teori saya adalah, sebab gaya sentrifugal didaerah katulistiwa lebih besar dari pada gaya sentrifugal di daerah kutub bumi.
Ingat, bahwa bumi berputar pada porosnya. Setiap benda yang berputar selalu ada gaya sentrifugal yang ditimbulkannya.
Mengapa didaerah katulistiwa lebih besar gaya sentrifugalnya dibanding daerah kutub ?
Sebab jari-jari daerah katulistiwa dengan poros bumi lebih panjang dari pada jari-jari daerah kutub bumi terhadap poros bumi.
Saat berputar, jari-jari yang lebih panjang akan menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dibanding kecepatan jari-jari yang lebih pendek. Sehingga gaya sentrifugal jari-jari panjang lebih besar dari pada jari-jari yang pendek.

Jadi teori saya mengatakan bahwa sebenarnya gaya gravitasi di setiap titik dibumi adalah sama.
Yang membedakannya adalah gaya sentrifugal ditempat itu.

Karena gaya sentrifugal di daerah katulistiwa lebih besar dari pada daerah kutub maka Gravitasi di daerah katulistiwa lebih kecil dibanding didaerah kutub.

Bagaimana pendapat anda ?

No comments:

Search This Blog