Sunday, January 25, 2009

Demokrasi Gampangan ?

Entah memang sedang musim atau apa namanya saya tidak tahu. Yang saya tahu sekarang para bintang dari cuma iklan, sinetron sampai film sedang menjamur di dunia perpolitikan kita. Bukannya saya tidak setuju, tetapi kelihatannya kok seperti semakin memperlihatkan bahwa bangsa ini sedang mengalami masa "turbulensi" disegala hal.

Dagelan, itulah yang saya tangkap secara pribadi, entah apa yang anda tangkap itu hak kita masing masing. Ya saya rasa menjamurnya para "seleb" di kancah perpolitikan ini juga didukung oleh masyarakat secara umum yang mungkin sudah tidak tahu harus memilih siapa, hal yang paling mudah bagi mereka adalah memilih yang mereka kenal sehari-hari dan mungkin salah satu dari "seleb" favorit mereka. Atau mungkin ini ungkapan rasa kekecewaan ataupun ungkapan masa bodoh mereka, sementara mereka mau tidak mau harus memilih agar dikatakan sebagai warga negara yang baik, tidak golput dan lain sebagainya.

Memang secara waktu, mungkin Indonesia sudah dianggap cukup untuk berdemokrasi ala barat. tetapi menurut saya, secara mental dan kwalitas rakyatnya, saya belum melihat cukup untuk bangsa ini menganut demokrasi yang 100 % demokrasi.

Bayangkan saja, kasarannya dengan Rp 20.000 anda bisa membeli suara, padahal suara adalah raja didalam dunia demokrasi. Disamping itu demokrasi artinya rakyatlah yang berpikir untuk bangsanya sendiri. sementara rakyat yang belum sanggup/mampu berpikir dipaksa untuk berpikir, ya..tahu sendiri lah anda.

Fakta yang kita lihat sekarang terhadap bangsa ini adalah seperti tertulis diatas. Orang orang yang tidak mengetahui ilmu ilmu yang relevan ternyata tahu tahu mewakili anda di dewan perwakilan.
Kalau ini memang sebuah pertunjukan "dagelan" mudah mudahan segera selesai dan penonton segera pulang.
Kalau tidak, bisa bisa bangsa lain akan tertawa terpingkal-pingkal karena "dagelan" kita dan tidak pernah mengagap serius bangsa ini.

Untuk menghibur diri, saya anggap bangsa ini sedang belajar berdemokrasi. Namanya sedang belajar, biasanya kita ambil contoh soal yang paling gampang. Ya..gampanganya sajalah..

No comments:

Search This Blog